Ukuran Gejala Pusat Data Tidak Berkelompok

Related image





Ukuran gejala pusat

suatu ukuran yang digunakan untuk mengetahui kumpulan data mengenai sampel atau populasi yang disajikan dalam tabel atau diagram.

  1. Ukuran gejala pusat adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengetahui kumpulan data mengenai sampel atau populasi yang disajikan dalam tabel dan diagram, yang dapat mewakili sampel atau populasi. Ada beberapa macam ukuran tendensi sentral, yaitu rata-rata (mean), median, modus, kuartil, desil dan persentil.
  2. Gejala pusat sebagai nilai rata-rata yang mempunyai kecenderungan memusat, sehingga sering disebut ukuran kecenderungan memusat (measures of central tendency). Beberapa jenis rata-rata yang sering digunakan adalah rata-rata hitung (arithmetic mean atau sering disingkat mean saja), lalu rata-rata ukur (geometric mean), kemudian rata-rata harmonis (harmonic mean). Dan umumnya terdapat istilah mean ,median, dan modus.
  3. Gejala pusat pada hakekatnya menganggap rata-rata (average) dapat merupakan nilai yang cukup representatif bagi penggambaran nilai-nilai yang terdapat dalam data yang bersangkutan. Rata-rata sedemikian itu dapat dianggap sebagai nilai sentral dan dapat digunakan sebagai pengukuran lokasi sebuah distribusi frekuensi. Statistik mengenal bermacam-macam rata-rata dengan nama-nama yang khas, yaitu rata-rata hitung (mean), median, modus, rata-rata ukur dan rata-rata harmonis itu semua merupakan jenis rata-rata yang lazim digunakan sebagai pengukuran lokasi atau pengukuran tendensi sentral (central tendency) dari sebuah distribusi.
Jenis-Jenis Ukuran Gejala Pusat Data Tidak Berkelompok

1.      Rata-Rata Hitung (Mean)2.      Rata-Rata Ukur /Geometri3.      Rata-Rata Harmonis4.      Rata-Rata Terbilang5.      Median6.      Modus7.      Kuartil8.      Desil9.      Persentil


Rata-Rata Hitung (Mean)
Rata-Rata Hitung adalah nilai yang mewakili sekelompok data
          Rumus 




Rata-Rata Ukur /Geometri
Rata-Rata Ukur dari sejumlah N nilai data adalah agar pangkat N dari hasil kali masing -
masing dari kelompok nilai tersebut
 



 Rata-Rata Harmonis
 Rata-Rata Harmonis dari seperangkat data  adalah kebalikan dari rata-rata hitung dari nilai -
 nilai data




Rata-Rata Terbilang
Rata - rata terbilang jika nilai data  mempunyai timbangan  wi





Median
Median adalah suatu ukuran pemusatan yang menempati posisi tengah jika data diurutkan
menurut besarnya.



Modus
Modus adalah nilai yang paling sering muncl dari serangkaian data atau
yang mempunyai frekuensi paling tinggi.
Diketahui : 

N = 2,3,3,4,4,4,4,7,7,7,8,8,8,8
Modus dari bilangan ini = 4 dan 8





Comments

Popular posts from this blog

Distribusi Frekuensi dan Menampilkan Data Analyz

KEMIRINGAN DISTRIBUSI DATA